Review Makanan Kucing (WF)

Hola!

Meneruskan postingan Review Makanan Kucing (DF)

dan Review Makanan Kucing (DF bag. 2)

kali ini saya mau menuliskan untuk wetfoodnya. Kenapa harus wetfood? Perlu ga sih kucing diberi wetfood atau cukup dryfood aja?

Jadi kalau dari baca2 di forum pecinta kucing, baik dry food maupun wetfood itu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekilas aja, kelebihan dry food sebagai makanan utama kucing misalnya lebih praktis, lebih ekonomis, awet, tahan lama. Sedangkan kelemahannya yaitu bisa bikin kucing kena penyakit FUS (kencing darah), ga baik buat ginjal, efeknya ya macam manusia dikasih makan mi instan terus.

Sedangkan wetfood sebagai makanan utama, kelebihannya adalah secara tekstur dia ga akan bikin kucing sakit ginjal, aromanya juga lebih kuat dan menarik untuk kucing jadi doyan makan. Kelemahannya? Karena dia basah, bisa bikin gigi kucing rusak karena residu asamnya. Dan juga dia ga tahan lama dibanding dryfood karena bisa basi. Terus, mahal!

Makanya paling aman sebenernya dikombinasikan sih, pemberian wetfood dengan dry foodnya. Alfa pas masih kecil sering makan kombinasi wetfood-dryfood ini, setelah umur 6 bulan dia udah ga doyan kombinasi ini dan udah full doyan dryfood. Saya kasih wetfood sebagai selingan aja kalau misal dia lagi bosan makan dryfoodnya.

Sekarang ada kucing baru, namanya Luna. Dan karna dia masih kitten umur 4 bulan, dia masih doyan makan wetfood. Si Alfa yang masih cemburuan sama kedatangan kitten di rumah jadi semangat makan campuran wetfood lagi dong dia.

Nah, wetfood apa aja sih yang pernah saya cobain? Cekidot!

  1. whiskas junior

Saya beli ini yang sachetan. Bisa untuk seminggu sih, tiap makan kasih sesendok whiskas ini dicampur 2-3 sendok dryfood. Kalau sehari 2 kali makan yang dijatah begini, sehari cuma menghabiskan 2 sendok kan (asal sepanjang hari pastikan mangkok dryfoodnya ga kosong, jadi kalau lapar jadikan dryfood sebagai camilan dan yang campuran sebagai makanan berat). Harga di online store mulai 4ribuan, sedangkan di offline (di Alfamart ada) itu bisa 7700an. Jauh ya bedanya beb, jadi mending beli di online store aja.

Alfa doyan yang rasa tuna, yang rasa ikan kembung dia ga mau sama sekali. Dasar kucing sombong. Efek ke pup juga ga masalah sih. Ga bikin diare atau gimana2.

2. Snappy Tom Kitten

Ini kemasan kaleng dan beratnya 150gr, jadi 2 kalinya whiskas sachet ya. harganya waktu itu 11,5rb an. Alfa sempat beberapa kali makan ini, karena saya belinya agak banyakan aja, begitu habis udah ga repurchase karena saya milih balik ke whiskas. Emang kenapa? Ada masalah? Hmm..sempat sih tiap ganti kaleng baru tuh Alfa agak diare dan nafsu makannya ga sebagus pas sama whiskas.

3. Fancy Feast Kitten

 

Ini wetfood dari yang mengeluarkan merk Proplan dan Equilibrio katanya, jadi ya agak premium lah ya kualitasnya. Tektur dan aromanya memang beda sih, dari semacam whiskas atau snappy tom gitu. Warnanya putih, aromanya harum kaya ada manis2nya, tekturnya lebih kering dan padat. Kalau yang lain semacam daging ikan + jelly, ini tuh kaya daging padat gimana gitu, beda aja. Harganya 11rb++ untuk isi 85gr an jadi emang agak mahal ya. Alfa gimana? Ga doyan, saudara2… Baguslah jadi ga perlu beliin makanan mahal buat dia. Emang pengertian ini kucing satu.

4. Yummy

Saya belikan yang sarden. Alfa doyan, saya juga seneng sih liatnya, ikannya gede2 gitu potongannya, baunya juga harum. Harganya 13,5rb untuk 400gr. Lumayanlah ya.. Cuma untuk 1 ekor kucing yang makannya ga terlalu banyak, dia jadi rawan cepet basi karna ga habis2 dalam seminggu. Idealnya sih buat saya, makanan kucing basah itu umurnya seminggu aja setelah dibuka dan disimpan di kulkas. Kalau kelamaan bisa berubah rasa, aroma, warna, dan ngaruh ke kesehatan kucing juga. Gamau kan kucing diare terus karna kitanya terlalu mau hemat. Ini bagus sih, rekomended! Tapi saya masih coba cari yang lain yang cocok juga buat Alfa, yang lebih murah, dan kalau bisa di tokonya ada makanan kering yang biasa Alfa makan biar sekalian.

5. Profelin

Saya cobain semua variannya. Alfa paling semangat makan yang kaleng biru (tuna) sama hijau (tuna sarden). Harganya lebih miring dibanding Yummy, pernah ada yang jual 11,5rb per 400gr. Dia ga terlalu masalah juga di pencernaan Alfa. Rekomended juga. Sekarang harganya udah naik 12,5rb kayanya.

6. Kucinta

Saya cobain 3 rasa: tuna, sarden, sama pilchard. Alfa dan Luna sama2 doyan yang tuna, dan ga terlalu doyan pilchard. Sarden ya so-so lah. Kalau beruntung bisa dapat toko yang jual dengan harga 13,5rb an. Sekarang harga wetfood udah pada naik ke 15rb an sih standarnya. Buat saya sih sebenarnya masih bagusan Yummy, soalnya Kucinta ini banyakan jelly nya dibanding daging ikannya. Secara aroma juga masih enakan Yummy.

Nah, kayanya cukup lah ya review makanan basahnya. Saya masih cari di kisaran budget maksimal 15rb an untuk kemasan 400gr. Lebih dari itu masih pikir2 sih. Soalnya dalam sebulan bisa habis 2-4 kaleng untuk 2 ekor kucing (1 dewasa 1 kitten), ditambah budget dry food untuk sebulan yang bisa 2-3 kg ya lumayan juga jadinya.

Dalam situasi tertentu juga jangan lupa vitamin (Nutriplus Gel, 100an per tube, bisa untuk 6 bulanan), kuning telur rebus (kalau habis sakit atau untuk daya tahan tubuh), tempe rebus (pas diare), kapsul minyak ikan (150-200 rupiah per butir, beli secukupnya aja, pemberian bisa gantian sama nutriplus gel).

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di ulasan lain tentang kucing!

Ast ❤

5 pemikiran pada “Review Makanan Kucing (WF)

  1. Makasih review nya. Sy pakai profelin sekarang ini. Kucings suka bgt yg kaleng biru n hijau. Samaan sama Alfa n Luna 😁. Btw kucing2 sy sukanya WF nih. Bisa 3x sehari makan WF. Walaupun sy mix DF tiap x makan. Maunya sy kasih df aja tp mrk protes..
    Btw, nutriplus gel boleh dicampur di WF kah? Krn ternyata kucings sy gak suka Nutriplus atopun Vitagel.

    Suka

    • apa umurnya masih kecil? seingat saya, Alfa beneran mau DF tanpa WF di usia 6 bulan ++, habis itu ya WF selingan aja. Boleh, dulu pas diare biasanya saya kasih nutriplus gel sama tempe rebus dan WF

      Suka

Tinggalkan komentar