JSR adalah …

Sejak puasa ramadhan kemaren, saya menemui banyak orang memposting foto minuman infused water mereka dengan hashtag #JSR. Wow, apaan nih. Selain itu juga mereka mengetag akun ig: @zaidulakbar dan juga @sulistyowati_05

Ternyata itu adalah konsep mengatur pola makan sehat yang diklaim digunakan oleh Rasulullah. Tetapi dengan semakin banyak pengikutnya alias semakin populer, banyak juga yang keberatan dengan penggunaan nama Rasulullah dalam nama pola makan (atau minum ya, lebih tepatnya?) tersebut. Sehingga akhirnya untuk mengakomodasi keinginan tersebut, padahal hashtagnya sudah rame JSR, diganti jadi JSR adalah Jurus Sehat Rame-rame (bisaaaa…) alih-alih Jurus Sehat Rasulullah.

CMIIW ya, saya juga masih belajar soalnya.

Yang saya tangkep dari JSR ini adalah menghindari makanan yang tinggi gula, gluten, penyedap sintetik dan pengawet. Gorengan udah pasti keluar dari pola makan. Tepung terigu dan turunannya, jadi bakwan itu udah kombo tepung dan gorengan. Mie instant, no. Brownies dan kue2 juga lah ya (huhuhuhu T_T), nasi pun diganti dari nasi putih jadi nasi merah (minimal, atau shirataki). Dalam pola makan ini juga sangat menyarankan konsumsi kacang2an sebagai sumber protein dibanding daging merah. Susu sapi lebih baik diganti dengan susu dari kacang2 tersebut, misal susu almond, atau boleh juga susu kambing murni. Dan yang utama adalah konsumsi air alkali/air nano/insfused water.

Nah, air infuse inilah yang seringnya mendapat porsi lebih di feed foto-foto instagram saya. Soalnya variasinya banyak. Ada jadwalnya pula. Aturannya adalah siklus 3 hari, rimpang, buah, dan sayur hijau.

Misal:

hari 1: rimpang (2 jenis, misal: jahe+kunyit, jahe+ketumbar, Jahe+ kayu manis, Kunyit+lada hitam, dsb).

hari 2: buah (2 jenis, misal: strawberry+anggur, kiwi+belimbing, nanas+belimbing), dsb

hari 3: sayur hijau (2 jenis, misal sawi+timun, kale+seledri, dsb).

Lalu hari ke-4 balik seperti hari ke-1, hari ke-5 seperti hari ke-2, hari ke-6 seperti hari ke-3, dst muter terus.

Disarankan juga untuk mengkonsumsi kurma, jadi kurma bisa masuk di campuran setiap infused water itu. Gabungin kurma ke semua, ga masyalah. Yang sering saya lihat campurannya malah macam2, misal nanas + kayu manis, jahe + lemon + timun +mint, dsb. Seingat saya, yang rumus 3 hari itu adalah untuk mendetoks tubuh dari gula, gluten, dan sebangsanya. Mungkin kalau sudah 7 hari bisa bebas campuran infusd waternya, asal mengandung rimpang, buah, dan sayur.

kalau mau lihat2 cari aja hashtagnya, #infusedwater #resepJSR dsb. Banyak dan bagus2 loh.

Kalau saya sempet bikin infused waternya pas ramadhan aja. Setelah ramadhan ilang lagi telatennya. Karena kunci dari pola hidup dan makan sehat apapun kan sebenarnya telaten ya. Yang saya masih bikin sampai sekarang sih ini:

jahe kunyit lemon madu
jahe, kunyit, lemon, madu

diseduh pakai air panas. Itu jahe dan kunyit dikupas, dicuci, diiris tipis2, lalu diseduh air panas. Setelah itu peresin lemon, airnya akan berubah warna! Dari oranye gelap menjadi kuning terang macam minuman energi extr*j*ss itu loh. Setelah agak anget baru kasih madu.

Awalnya saya bikin ini malam pulang kerja, maksudnya biar ga capek gitu. Eh 2 malam berturut-turut saya ga bisa tidur karena rasanya seger. Segernya sampe lanjut ke pagi harinya loh. Ga ngantuk. Ternyata ga saya aja, suami juga. Jadi pengen tidur tapi ga bisa pas malem, pas siang badan juga seger. Dicari2 penyebabnya, ternyata ya minuman ini.

Akhirnya saya ganti waktu minumnya, pas pagi. Biar malamnya bisa tidur pulas, paginya seger. Tapi jadi minuman energi yang kuat efeknya itu kayanya setelah saya campuri kunyit deh. Pas lemon madu jahe saja, ga segitunya (atau pas itu saya pas lagi mau flu aja, jadi badan masih fokus ke peningkatan imun dari flu ya?). Karena emang pas itu mau flu, minum jahe madu lemon, flunya ga jadi tuh, dibawa tidur, besoknya udah baikan.

Sekarang lagi agak radang, semoga cepet baikan juga deh minum ini. Biar bisa makan ini lagi:

ayam cabe hijau
ayam cabe hijau + kol goreng

duh ini makanan di belakang kantor, saya masih belum bisa tahan godaannya.

Selamat mencoba hidup sehat,

dan doakan saya juga yaa šŸ˜€

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s